SEMINAR ANALISA TEKNIKAL “BANDARMOLOGY”

Pada hari Sabtu tanggal 17 Maret 2018 telah dilaksanakan seminar Analisa Teknikal “Bandarmology” yang diadakan oleh Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Politeknik Negeri Padang dengan tema “ Yuk Nabung Saham Bersama PT. Panin Sekuritas, Tbk “.  Acara tersebut menghadirkan pembicara bapak William Hartanto, Analis Teknikal PT. Panin Sekuritas, Tbk. Acara tersebut dihadiri oleh bapak Early, Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Cabang Padang, bapak Devi, Kepala PT. Panin Sekuritas, Tbk Cabang Padang serta dihadiri juga sekitar 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa akuntansi dan dosen-dosen di jurusan akuntansi.Kegiatan ini dibuka oleh bapak Surfa Yondri selaku Direktur PNP. Menurut beliau PNP ini belum dikenal oleh masyarakat. Bagaimana supaya masyarakat tahu tentang kita yaitu dengan memfiralkan/ mempublikasikan PNP. Begitu juga dengan GIBEI ini, mungkin tidak banyak yang tahu tentang GIBEI ini.  Bagaimana kita mempublikasikannya yaitu dengan cara kita berbuat. Kita berharap dengan dilantiknya pengurus baru dari GIBEI ini kalian bisa memfiralkan/ mempublikasikan GIBEI ini menjadi lebih terkenal lagi. Kesimpulan dari kata sambutan beliau adalah : “Tidak ada orang yang pintar. Tidak ada orang yang hebat. Yang ada adalah orang terlatih/tidak terlatih. Silahkan berlatih dan semangat terus. Semoga apa yang adik-adik mahasiswa cita-citakan bisa diwujudkan oleh Politeknik Negeri Padang”.

Pembicara bapak Wiliiam Hartanto menjelaskan apa itu bandarmology; ilmu yang mempelajari pergerakan bandar. Bandar adalah individu atau sekelompok individu yang bersama-sama melakukan kegiatan jual atau beli efek untuk memanipulasi permintaan atau penawaran suatu efek dengan tujuan memenuhi keuntungan pribadi individu atau kelompok individu tersebut. Siapa yang bisa menjadi bandar? Siapapun bisa jadi bandar, asalkan punya modal yang cukup.

Kegiatan ini juga diselingi dengan tanya jawab dari peserta. Banyak peserta yang menanyakan seputar tentang topik yang dibahas. Setiap yang bertanya diberikan sebuah buku yang dikarang oleh bapak William sendiri yang buku tersebut sudah ditandatangani oleh bapak William. Acara kemudian ditutup dengan penampilan tik tok dari peserta mahasiswa jurusan akuntansi PNP diikuti dengan semua undangan yang hadir.