PRESTASI JURUSAN AKUNTANSI PNP DALAM SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI VOKASI (SNAV) KE-7 DAN OLIMPIADE AKUNTANSI VOKASI (OAV) KE-2 DI PONTIANAK

Politeknik Negeri Padang khususnya Jurusan Akuntansi berhasil mengukir prestasi kembali pada kegiatan Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) ke-7 dan Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) ke-2 yang dilaksanakan di kota Pontianak pada tanggal 7 s/d 9 Mei 2018 dengan penyelenggaranya adalah Politeknik Negeri Pontianak.

SNAV merupakan agenda perguruan tinggi vokasi membahas hasil-hasil penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan para peneliti, pendidik, dan mahasiswa dalam melakukan penelitian khususnya bidang akuntansi.

SNAV ke-7 ini diikuti oleh peserta sebanyak 214 orang, dengan makalah yang diterima pihak panitia 110 makalah, sedangkan yang lolos untuk dipublikasikan melalui kegiatan simposium sebanyak 74 artikel.

Tema dari SNAV ke-7 ini adalah “Mempertegas Lanskap Profesi dan Pendidikan Akuntansi” dengan membahas 7 topik bahasan sektor private dan 4 sektor bahasan sektor publik.

Selanjutnya, OAV ke-2, dengan tema “Peningkatan Kompetensi Calon Akuntan Profesional” merupakan ajang para mahasiswa Diploma akuntansi se Indonesia untuk menunjukan keberhasilan proses pembelajaran di kampus masing-masing dalam transfer pemahaman atau transfer knowladge sekaligus menjadi arena kompetisi mahasiswa. Peserta OAV adalah 107 orang yang terdiri dari 23 kontingen politeknik dan pendampingnya ada 18 orang. Sebanyak 27 artikel akan dipresentasikan dan saling berkompetisi dihadapan para dewan juri yang diambil dari eksternal.

Pada acara SNAV ke-7 jurusan Akuntansi PNP mengirimkan 5 orang dosen untuk presentasi paper dan untuk OAV ke-2 mengirimkan 4 orang mahasiswa untuk mengikuti lomba. Alhamdulillah dalam kegiatan ini Jurusan Akuntansi PNP mendapatkan 3 piala dan penghargaan yaitu :

  1. Best Paper 1 atas nama bapak Nurul Fauzi dengan judul paper : “Mengungkap Konstruksi Konsep Kepemilikan pada Lembaga Keuangan Mikro Lumbung Pitih Nagari dengan Etnografi Realis”
  1. Presenter Terbaik 3 atas nama ibu Eka Siskawati dengan judul paper : “ Konstruksi Akuntansi Karbon Perspektif Sistemis (Studi Empiris Pada PT. Semen Zulu)
  1. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (CCA) diraih oleh Via Novita Sari, Adjie Avinda dan Septin Yarnanda.