OLIMPIADE AKUNTANSI KE-10 TINGKAT SMA/MA/SMK SE-SUMATERA DAN OLIMPIADE AKUNTANSI KE-1 TINGKAT PERGURUAN TINGGI SE-SUMATERA

Olimpiade Akuntansi merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan tiap tahun oleh Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang yang telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 1 November 2018 di Politeknik Negeri Padang. Pelaksanaan olimpiade akuntansi tingkat SMA/MA/SMK se-Sumatera ini sudah yang ke-10 dilaksanakan dengan tema “ Menjadi Akuntan Generasi Milenial yang Berfikir Akademis, Bertindak Profesional dan Berakhlak Mulia”. Kegiatan ini dihadiri oleh sekretaris L2Dikti Wilayah X, wakil dari Ikatan Akuntan Indonesia, wakil dari Dirjen Pajak Sumatera Barat dan acara ini dibuka oleh bapak Direktur PNP Surfa Yondri. Menurut beliau, juara 1, 2 dan 3 tingkat SMA/MA/SMK berhak untuk kuliah di prodi Akuntansi PNP tanpa seleksi.

Dalam olimpiade akuntansi tingkat SMA/MA/SMK se-Sumatera ini ada 2 kategori lomba yaitu kategori lomba SMA/MA dan kategori lomba SMK, dengan 2 tahapan ujian yaitu tahap ujian individu dan tahap ujian tim sekolah dengan anggota tim sebanyak 3 orang/sekolah. Total peserta dari SMA, MA dan SMK sebanyak 297 peserta yang terdiri dari 24 sekolah SMA/MA dan 24 sekolah SMK.

Bersamaan dengan itu, jurusan Akuntansi PNP juga menyelenggarakan pertama kalinya Olimpiade Akuntansi tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera. Olimpiade akuntansi tingkat perguruan tinggi ini bekerja sama dengan L2Dikti Wilayah X, Pajak dan Dana Pensiun Semen Padang. Kegiatan ini diikuti oleh 29 PTN maupun PTS yang ada di Sumatera dengan 47 tim dari 141 peserta. Disamping lomba olimpiade, juga dilaksanakan “Fun Games” untuk peserta PT dan ini kerjasama dengan Dirjen Pajak Sumatera Barat.

Selain itu jurusan Akuntansi PNP juga menyelenggarakan seminar nasional bertemakan “Akuntansi Wakaf di Indonesia : Dulu, Sekarang, dan Nanti”. Seminar ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan PNP dengan pembicara bapak Hidayatul Ihsan, Ph.D, CA (Pengurus IAI Kompartemen Akuntan Syariah).

Olimpiade Akuntansi ini secara resmi ditutup oleh bapak Direktur PNP Surfa Yondri, dan menghasilkan juara-juara sebagai berikut :

Kategori SMA/MA :

Juara 1 :  Latifah Hanarif P ( SMA 1 Payakumbuh)

Juara 2 : Ryan Dhanny Wibisana (SMA 1 Padang Panjang)

Juara 3 : Ghozi Naufal Ali (SMA 1 Padang Panjang)

Kategori SMK :

Juara 1 : Hafiz Syahputra (SMK Negeri 2 Padang)

Juara 2 : Bunga Bea Puspa (SMK Negeri 2 Bukittinggi)

Juara 3 : Richi Lala (SMK Negeri 2 Bukittinggi)

Sekolah Terbaik tingkat SMA/MA : SMA 1 Padang Panjang

Sekolah Terbaik tingkat SMK : SMK DEK Padang

Juara 1 perguruan tinggi diraih oleh Tim Politeknik Negeri Padang, juara 2 diraih oleh Tim Universitas Andalas sedangkan juara 3 diraih oleh Universitas dari Riau. Untuk perguruan tinggi selain juara 1, 2, dan 3 juga ada juara tim terbaik akuntansi keuangan, tim terbaik akuntansi perpajakan, tim terbaik akuntansi dana pensiun, tim terbaik akuntansi manajerial.