D.III Akuntansi

Program Studi DIII Akuntansi Politeknik Negeri Padang (PNP)  didirikan pada tahun 1997 merupakan  lembaga pendidikan tinggi negeri vokasi bidang akuntansi satu-satunya di Sumatera Barat. PS Akuntansi merupakan PS dengan jumlah peminat terbanyak di PNP sekarang ini. Hal ini terlihat dari keketatan persaingan calon mahasiswa baru antara yang diterima dengan yang mendaftar   mencapai 1: 8, sehingga PS dapat menjaring calon mahasiswa baru yang lebih berkualitas. Proses pembelajaran di PS Akuntansi juga mengacu sepenuhnya pada filosofi pengajaran vokasional (Politeknik) yang lebih menekankan pada penguasaaan hardskill dan sofskill mahasiswa melalui jam kuliah praktek (60%) dan jam kuliah teori (40%). Sejalan dengan itu, kurikulum yang digunakan di PS dirancang sedemikian rupa dengan memperhatikan kebutuhan pemakai lulusan, mempertimbangkan masukan dari alumni PS serta perkembangan iptek. Hasilnya terlihat dari hasil pembelajaran (IPK) lulusan yang cukup tinggi yang berujung pada tingginya penyerapan lulusan di pasar kerja. Memanfaatkan kebutuhan akan Ahli Madya Akuntansi yang semakin tinggi di lapangan, PS Akuntansi terus berupaya memperluas aksesnya melalui kerjasama dengan pemakai lulusan.

Visi : Menjadi institusi pendidikan vokasional unggulan bidang akuntansi program diploma III di Asia Tenggara pada tahun 2020.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi bidang akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berintegritas, bermutu tinggi, berwawasan internasional, berjiwa kewirausahaan dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan asia tenggara.
  2. Mengimplementasikan good university governance dalam pengelolaan Program Studi
  3. Menghasilkan penelitian terapan serta pengembangan ilmu pengetahuan vokasi bidang akuntansi.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi, memecahkan permasalahan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang akuntansi.
  1. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi akuntansi nasional dan internasional, berwawasan internasional, profesional, unggul, dan berintegritas, serta memiliki jiwa wirausaha.
  2. Menciptakan tata kelola program studi yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel.
  3. Menghasilkan penelitian terapan dan pengembangan ilmu pengetahuan vokasi bidang akuntansi yang menjadi rujukan nasional.
  4. Menghasilkan pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang akuntansi yang memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi, memecahkan permasalahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan vokasi bidang akuntansi.